jam

apakah anda menyukai ini?

Selasa, 09 Juni 2015

silabus semester 2 https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=sites&srcid=ZGVmYXVsdGRvbWFpbnxzb2xhaHVkaW5pYm51bnVoYWluaXxneDoxMTk3NzA5YmE4NGY5NWMy


SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama  Sekolah                          :  .................................
Mata  Pelajaran                         :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                        :   V / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1       Mende-ngarkan
Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan
1.1     Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



 

·  Teks penjelasan nara sumber
·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
·  Mendengarkan penjelasan.
·  Menananggapi pernyataan.
·  Menanggapi. penjelasan nara sumber.
·  Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Menceriterakan penjelasan nara sumber.

·  Lisan.
·  Tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tanggapilah pernya-taan nara sumber!
·  Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan nara sumber!
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

1.2    Mengiden-tifikasi un-sur cerita rakyat yang didengarnya


 

·  Cerita Rakyat
·  Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat.
·  Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
·  Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
·  Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
·  Mendengarkan cerita rakyat.
·  Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar.
·  Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
·  Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.

·  Lisan.
·  Tertulis
·  Tugas
Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah daftar na-ma-nama tokoh ceri-ta yang di dengar!
·  Buatlah catatan  latar dan alamat cerita rakyat yang didengar!
1x pertemuan
2 x 35 menit
·  Kurikulum 2006 KTSP.
·  Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19.
·  Kaset/CD berisi cerita rakyat
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )



Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP / NIK :

.......................,  ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :

SILABUS  PEMBELAJARAN 


Nama  Sekolah                          :  .................................
Mata  Pelajaran                         :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                        :   V / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2        Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
1.2     Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



 

·  Teks penjelasan nara sumber
·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
·  Mendengarkan penjelasan.
·  Menananggapi pernyataan.
·  Menanggapi. penjelasan nara sumber.
·  Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Menceriterakan penjelasan nara sumber.

·  Lisan.
·  Tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tanggapi-lah  penje-lasan nara sumber!

1x pertemuan
2 x 35 menit
·  Kaset/CD/
·  TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3.
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

2.2     Menceri-terakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .
·  Teks Laporan Hasil Kunjungan
·  Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
·  Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
·  Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
·  Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.

·  Memahami laporan hasil kunjungan.
·  Membuat laporan hasil kunjungan.
·  Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
·  Menanggapi isi laporan kunjungan.

·  Lisan
·  Tertulis
·  Portofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah laporan hasil kunjungan!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

2.3  Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Teks wawancara
·  Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
·  Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
·  Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
·  Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
·  Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.

·  Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
·  Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
·  Melakukan wawancara dengan nara sumber.
·  Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )



Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP / NIK :

.......................,  ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :

SILABUS  PEMBELAJARAN 

Nama  Sekolah                          :  .................................
Mata  Pelajaran                         :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                        :   V / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
3.       Membaca
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·  Teks   Percakapan
·  Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
·  Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
·  Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.

·  Membaca teks percakapan secara berpasangan.
·  Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan.
·  Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.

·  Lisan.
·  Tertulis

Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah catatan hal-hal pokok dalam percakapan!
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

3.2    Menemu-kan gaga-san utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.
·  Teks   Bacaan
·  Siswa dapat membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit.
·  Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
·  Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.

·  Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit.
·  Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
·  Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat.
·  Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca.

·  Lisan.
·  Tertulis

Lembar penilaian
Produk
·  Ajukanlah dan jawablah pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca!

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

3.3    Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·  Teks   Puisi
·  Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
·  Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
·  Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
·  Menentukan jeda, penggalan dalam puisi.
·  Membaca puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang tepat.
·  Mencari puisi yang bertema-kan Pahlawan  dan membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

·  Lisan.
·  Tertulis
·  Penugasan


Lembar penilaian
Produk
·  Bacalah  puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang tepat!
·  Carilah puisi yang bertema-kan Pahlawan  dan membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat !

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP / NIK :

.......................,  ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :

SILABUS  PEMBELAJARAN 

Nama  Sekolah                          :  .................................
Mata  Pelajaran                         :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                        :   V / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.       Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.

·  Teks Karangan
·  Siswa dapat menentukan judul karangan.
·  Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
·  Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
·  Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
·  Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.
·  Menentukan judul karangan.
·  Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.
·  Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
·  Membaca karangan yang dibuat sendiri.
·  Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.


·  Tertulis
·  Potofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah  karangan berdasar-kan penga-laman!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 121-124. 
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

4.2     Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.

·  Teks Undangan Resmi
·  Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
·  Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.

·  Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
·  Melengkapi surat undangan dengan tepat.
·   

·  Tertulis
·  Portofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Lengkapi-lah surat undangan resmi  dengan tepat!

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 138-140 
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

4.3     Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
·  Teks Dialog
·  Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
·  Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
·  Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
·  Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
·  Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! )
·  Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
·  Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
·  Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
·  Memperagakan dialog yang dibuat.
·  Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Membuat kalimat seru.

·  Tertulis
·  Tertulis
·  Penugasan

Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar!
·  Peraga-kanlah percaka-pan dan menyimpulkan isi percakapan!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 105-108 
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )




Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP / NIK :

.......................,  ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia



...............................................
NIP / NIK :

0 komentar :

Posting Komentar