SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1 Mende-ngarkan
Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan
|
1.1 Menang-gapi penje-lasan nara
sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun
berbahasa.
|
· Teks
penjelasan nara sumber
|
· Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
· Siswa
dapat menanggapi pernyataan.
· Siswa
dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
· Siswa
dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
· Siswa
dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
|
· Mendengarkan
penjelasan.
· Menananggapi
pernyataan.
· Menanggapi.
penjelasan nara sumber.
· Menuliskan
hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
· Menceriterakan
penjelasan nara sumber.
|
· Lisan.
· Tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tanggapilah
pernya-taan nara sumber!
· Tuliskanlah
hal-hal penting dari penjelasan nara sumber!
|
1x
pertemuan
2 x 35 menit
|
Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
1.2 Mengiden-tifikasi
un-sur cerita rakyat yang didengarnya
|
· Cerita Rakyat
|
· Siswa
dapat mendengarkan cerita rakyat.
· Siswa
dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
· Siswa
dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
· Siswa
dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
|
· Mendengarkan
cerita rakyat.
· Mendaftar
nama-nama tokoh cerita yang didengar.
· Mencatat
latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
· Memberikan
tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
|
· Lisan.
· Tertulis
· Tugas
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tulislah
daftar na-ma-nama tokoh ceri-ta yang di dengar!
· Buatlah
catatan latar dan alamat cerita rakyat
yang didengar!
|
1x
pertemuan
2 x 35 menit
|
· Kurikulum
2006 KTSP.
· Cerita
rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19.
· Kaset/CD
berisi cerita rakyat
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................
...............................................
NIP / NIK :
|
|
......................., ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
2 Berbicara
Mengungkap-kan pikiran,
pendapat, perasaan, fakta secara lisan
dengan menanggapi suatu persoalan,
menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
|
1.2 Menang-gapi penje-lasan nara
sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun
berbahasa.
|
· Teks
penjelasan nara sumber
|
· Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
· Siswa
dapat menanggapi pernyataan.
· Siswa
dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
· Siswa
dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
· Siswa
dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
|
· Mendengarkan
penjelasan.
· Menananggapi
pernyataan.
· Menanggapi.
penjelasan nara sumber.
· Menuliskan
hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
· Menceriterakan
penjelasan nara sumber.
|
· Lisan.
· Tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tanggapi-lah
penje-lasan nara sumber!
|
1x
pertemuan
2 x 35 menit
|
· Kaset/CD/
· TeksBuku Bina Bahasa Indonesia
hal 2-3.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
2.2
Menceri-terakan hasil
pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .
|
· Teks Laporan Hasil Kunjungan
|
· Siswa dapat memahami laporan
hasil kunjungan.
· Siswa dapat membuat laporan
hasil kunjungan dengan benar.
· Siswa
dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
· Siswa
dapat menanggapi isi laporan kunjungan.
|
· Memahami
laporan hasil kunjungan.
· Membuat
laporan hasil kunjungan.
· Menyampaikan
hasil laporan kunjungan.
· Menanggapi
isi laporan kunjungan.
|
· Lisan
· Tertulis
· Portofolio
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah
laporan hasil kunjungan!
|
1
x pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa
Indonesia hal : 85-87
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
2.3 Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber
(petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa.
|
Teks
wawancara
|
· Siswa dapat memahami kegiatan
wawancara dan memperagakan wawancara.
· Siswa dapat menuliskan daftar
pertanyaan untuk melakukan wawancara.
· Siswa
dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
· Siswa
dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
· Siswa
dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan
kapan dengan tepat.
|
· Memahami
kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
· Menuliskan
daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara..
· Melakukan
wawancara dengan nara sumber.
· Menggunakan
kata Tanya dengan tepat dalam kalimat.
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tulislah daftar pertanyaan untuk
melakukan wawancara!
|
1
x pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa
Indonesia hal : 51-54
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................
...............................................
NIP / NIK :
|
|
......................., ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
3. Membaca
Memahami teks dengan
membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
|
3.1.
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
· Teks Percakapan
|
· Siswa dapat membaca teks bacaan
secara berpasangan di depan kelas.
· Siswa
dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
· Siswa
dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.
|
· Membaca
teks percakapan secara berpasangan.
· Mencatat
hal-hal pokok dalam percakapan.
· Menuliskan
kesimpulan dari isi percakapan.
|
· Lisan.
· Tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah
catatan hal-hal pokok dalam percakapan!
|
1x
pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa
Indonesia hal : 55
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
3.2 Menemu-kan gaga-san utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.
|
· Teks Bacaan
|
· Siswa dapat membaca bacaan
dengan kecepatan 75/menit.
· Siswa dapat mencatat hal-hal
penting dari bacaan yang dibaca.
· Siswa
dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang
dibaca.
· Siswa
dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.
|
· Membaca
bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit.
· Mencatat
hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
· Mengajukan
dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat.
· Menceriterakan
kembali isi bacaan yang telah dibaca.
|
· Lisan.
· Tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Ajukanlah dan jawablah
pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca!
|
1x
pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa
Indonesia hal : 87-90
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
|
· Teks Puisi
|
· Siswa dapat menentukan
jeda,penggalan kata dalam puisi.
· Siswa dapat membaca puisi dengan
ekspresi dan penghayatan yang tepat.
· Siswa dapat mencari puisi yang
bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang
tepat.
|
· Menentukan
jeda, penggalan dalam puisi.
· Membaca
puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang tepat.
· Mencari
puisi yang bertema-kan Pahlawan dan
membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
|
· Lisan.
· Tertulis
· Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Bacalah puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang
tepat!
· Carilah
puisi yang bertema-kan Pahlawan dan
membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat !
|
1x
pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa
Indonesia hal : 67-68
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................
...............................................
NIP / NIK :
|
|
......................., ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4. Menulis
Mengungkap-kan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.1.
Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan.
|
· Teks Karangan
|
· Siswa
dapat menentukan judul karangan.
· Siswa
dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
· Siswa
dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
· Siswa
dapat membaca karangan yang dibuat.
· Siswa
dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.
|
· Menentukan
judul karangan.
· Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.
· Menulis
karangan berdasarkan pengalaman.
· Membaca
karangan yang dibuat sendiri.
· Memahami
penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.
|
· Tertulis
· Potofolio
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tulislah karangan berdasar-kan penga-laman!
|
1
x pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum
2006 KTSP.
Buku Bina Bhs
Indonesia hal. 121-124.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun,
acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat
efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
|
· Teks Undangan Resmi
|
· Siswa
dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
· Siswa
dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
|
· Memahami
bagian-bagian surat undangan resmi.
· Melengkapi
surat undangan dengan tepat.
·
|
· Tertulis
· Portofolio
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Lengkapi-lah
surat undangan resmi dengan tepat!
|
1
x pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum
2006 KTSP.
Buku Bina Bhs
Indonesia hal. 138-140
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
4.3 Menulis
dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
perannya.
|
· Teks Dialog
|
· Siswa dapat membaca contoh dan
kesimpulan isi dialog.
· Siswa dapat memperagakan
percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
· Siswa
dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
· Siswa
dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
· Siswa
dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
· Siswa
dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
· Siswa
dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! )
|
· Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
· Memperagakan
percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
· Menulis
dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
· Memperagakan
dialog yang dibuat.
· Memahami
penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
· Membubuhi
tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
· Membuat
kalimat seru.
|
· Tertulis
· Tertulis
· Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tulislah
dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar!
· Peraga-kanlah percaka-pan dan
menyimpulkan isi percakapan!
|
1
x pertemuan
2 x 35 menit
|
Kurikulum
2006 KTSP.
Buku Bina Bhs
Indonesia hal. 105-108
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................
...............................................
NIP / NIK :
|
|
......................., ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia
...............................................
NIP / NIK :
|
0 komentar :
Posting Komentar